Jumat, 23 Agustus 2013

Mengganti Head Radio Cassete Agar Suara Kembali Jernih


Bagian head pada tape recorder atau radio kaset adalah salah satu bagian yang sangat penting karena fungsi utamanya adalah membuat gesekan pada pita magnetik (kaset) dengan lilitan head yang akan menghasilkan fluktuasi untuk diteruskan menjadi sinyal suara yang nantinya akan dikeluarkan oleh speaker. Bila Head sudah jelek maka suara yang dihasilkan akan terdengar jauh atau mendem. Ciri-ciri Head yang sudah jelek adalah suara yang dihasilkan mendem dan terlihat legok atau cekung pada bagian permukaannya. Untuk menggantinya saya akan mencoba mempraktekan bagaimana cara mengganti head radio cassete sendiri karena sangat mudah sekali. 

1. Siapkan head baru, harganya sangat terjangkau sekitar 20 ribu sampai 25 ribu rupiah, pastikan head yang anda beli persis sama modelnya dengan head aslinya, caranya anda lepas dulu head aslinya dan bawa untuk menyamakan modelnya karena tiap radio cassete menggunakan head yang berbeda beda model.

2. Kali ini saya ingin mengganti head karaoke box merk Tens model KE-6700. Dalam pengerjaan ini tape dalam keadaan mati/off/tidak ada arus listrik sehingga tidak membahayakan keselamatan anda. 

buka bagian belakangnya dengan obeng yang sesuai

bagian yang akan kita ganti ada disebelah kanan lalu lepaskan dari body dan papan sirkuit


ini adalah head yang akan diganti

 3. Lepaskan baud yang ada pada sisi kiri dan kanan head dan lepaskan head dari kabel penghubungnya yang berwarna merah,kuning,hitam dan putih yang berada di bagian bawah head. Perhatikan jangan sampai anda lupa peletakan 4 kabel tersebut. Karena nanti setelah dipasang head baru 4 kabel tersebut harus dihubungkan sesuai dengan penempatannya.

4. pasang head yang baru hubungkan kembali menggunakan soldier 4 kabel merah,kuning,hitam,dan putih tadi jangan sampai terbalik. Lalu pasangakn baud sisi kanan dan kiri head. Perhatikan baud pada sisi kanan harus kencang, namun pada sisi kiri jangan dikencangkan karena untuk menyesuaikan letak gesekan pada pita magnetik nantinya.

5. hubungkan semua kabel pada papan sirkuit untuk mengetes suara jangan di kembalikan ke body dulu. Nyalakan tapenya namun harus hati-hati jangan sampai bagian tubuh anda mengenai kabel arus listrik (setrum) mainkan dengan menyetel kaset untuk mencoba suaranya, anda bisa memutar baud yang ada pada sisi kiri head ke arah putaran jarum jam atau sebaliknya dengan menggunakan obeng kecil bila suara yang dihasilkan belum sempurna/jelas.

6. Jika sudah sempurna, matikan kembali tapenya dan pasang kembali seperti semula. Dan kini anda bisa mendengarkan kejernihan suara radio kaset anda kembali.

selamat mencoba . . .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar